(Selasa, 23 Mei 2017)…….. RPJMD merupakan penjabaran dari Visi-Misi dan Program Kepala Daerah yang memuat Tujuan, Sasaran, Strategi, Arah Kebijakan Pembangunan Daerah dan Keuangan Daerah, serta Program Perangkat Daerah dan Lintas Perangkat Daerah yang disertai dengan Kerangka Pendanaan bersifat indikatif untuk jangka 5 (lima) Tahun yang disusun dengan berpedoman kepada RPJPD, RPJMN, dan RTRW. Pada tanggal 16 Agustus Tahun 2016 telah ditetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Nomor 2 Tahun 2016 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2016-2021, namun dari tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 18 tentang Perangkat Daerah agar seluruh daerah melakukan penyesuaian Dokumen Rencana Pembangunan Daerah sesuai kelembagaan perangkat daerah yang dibentuk. Maka dilakukanlah Penyesuaian atau Perubahan terhadap Dokumen RPJMD yang akan ditetapkan kembali melalui peraturan daerah.

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian & Pengembangan Daerah (BP4D) Kabupaten Tojo Una-Una mengadakan Seminar Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) senin, (22/5/2017) bertujuan memberikan arah rencana program prioritas pembangunan yang disertai kerangka pengeluaran jangka menengah daerah dan menjadi pedoman bagi OPD menyusun program dan kegiatan Renstra OPD serta berisikan program-program indikatif dan indicator kinerja untuk mewujudkan Visi dan Misi dalam rangka pemanfaatan sumber daya yang dimiliki untuk penigkatan kesejahteraan masyarakat.

Seminar ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una, Kepala BP4D Kabupaten Tojo Una-Una, Kepala Dinas, Kepala Badan, Staf Ahli, Seluruh Kepala Bagian Sekretariat Daerah, Serta Camat Se-Kabupaten Tojo Una-Una dan Tim Ahli dari Universitas Tadulako (UNTAD). Dalam pelaksanaan seminar perubahan RPJMD diperoleh beberapa hasil dari Tim Koordinasi Penyusunan Perubahan RPJMD Kabupaten Tojo Una-Una antara lain:

1.  Tim Koordinasi Penyusunan Perubahan RPJMD Kabupaten Tojo Una-Una telah melakukan persiapan  dan mengkoordinasikan Perubahan RPJMD dengan Organisasi Perangkat Daerah mulai dari penyusunan revisi Renstra OPD baru, sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Tojo Una-Una.

2.    Tim Koordinasi merumuskan analisis pengelolaan keuangan daerah dan kerangka pendanaan sebagai bahan penyusunan revisi Renstra OPD yang selanjutnya dikoordinasikan dengan Tim Ahli UNTAD Penyusun RPJMD Kab. Tojo Una-Una.

3.    Tim Koordinasi bersama Tim Ahli Penyusun RPJMD melakukan Asistensi rencana program dan kegiatan Renstra Organisasi Perangkat Daerah dan indikator kinerja  dan pendanaan indikatif OPD.